Rabu, 14 September 2016

Laporan Praktikum Instalasi Komputer Modul 1

LAPORAN PRAKTIKUM
INSTALASI KOMPUTER

PERTEMUAN KE-1


Disusun oleh
Rindha Fajirulhabshah
163310021
Teknik Komputer

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
AKAKOM
Yogyakarta
2016

MODUL I
Pertemuan ke-1
MICROSOFT OFFICE OUTLOOK

A.    PEMBAHASAN

Microsoft Office Outlook adalah sebuah program personal informatian manager di Microsoft dan merupakan bagian dari suite Microsoft Office. Pada umumnya, aplikasi ini digunakan untuk membaca dan mengirim surat eletronik (e-mail). Meskipun begitu, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk catatan, jadwal kerja, kalender atau jurnal. Selain itu, Microsoft Office Outlook menyediakan akses kotak surat, kalender dan jadwal yang dikombinasikan dengan Microsoft Exchange Server.
Ada dua macam versi mengenai Microsoft Office Outlook, antara lain:
1.      Microsoft Outlook Express. Aplikasi tersebut merupakan versi kecil dari Outlook yang diberikan secara Cuma-Cuma oleh perusahaan Microsoft bersamaan dengan web browser IE (Internet Explorer). Kemudian, Microsoft Outlook Express diganti dengan program Windows Mail di Windows Vista.
2.      Microsoft Outlook. Tidak hanya terpasang di komputer/PC saja, Microsoft Outlook dapat digunakan pada semua perangkat seperti smartphone karena keberadaan program Outlook Mobile yang memungkinkan para penggunanya berbagi data Outlook ke smartphone. Adapun fitur tambahan seperti Add ons yang dapat menghubungkan Blackberry atau perangkat handphone lainnya.
Microsoft Office Outlook sendiri memiliki kegunaan atau fungsi sebagai berikut:
1.      Sebagai aplikasi pengelola e-mail,
2.      Untuk membaca e-mail secara offline,
3.      Untuk mengirim e-mail secara cepat dan efisien,
4.      Untuk mencadangkan e-mail di PC,
5.      Untuk melakukan penjadwalan,
6.      Untuk membuat dan mengatur address book.
Tidak hanya itu saja, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Microsoft Office Outlook yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet di seluruh dunia, antara lain:
1.      Interface (tampilan) sederhana namun tetap elegan,
2.      Memungkinkan pengguna untuk melakukan video call dengan Skype,
3.      Memiliki fitur undo untuk mengembalikan perintah yang baru saja dilaksanakan,
4.      Mudah dihubungkan dengan akun media sosial,
5.      Memiliki kapasitas SkyDrive sebesar 7 GigaByte,
6.      Dapat secara langsung mengedit dokumen office di SkyDrive,
7.      Dapat memilah e-mail masuk sesuai kategori yang dikehendaki,
8.      Dapat terhubung ke perangkat mobile seperti smartphone.
Namun, kita juga perlu berhati-hati karena bisa saja e-mail yang diterima menyertakan virus karena lewat ini virus sangat  mudah berpindah tempat.
B.     TUGAS
Berikut ini, saya akan menyampaikan langkah-langkah pembuatan akun Microsoft Office Outlook. Sebenarnya pembuatan akun Microsoft Office Outlook sama seperti pembuatan akun media sosial pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah pembuatan alamat e-mail untuk Microsoft Office Outlook didaftarkan pada Outlook.com.

Langkah-langkah pembuatan akun Microsoft Office Outlook:
1.      Daftarkan alamat e-mail Anda di Outlook.com,
2.      Setelah Anda mendaftarkan alamat e-mail, Anda akan mendapatkan e-mail dan password dari Microsoft Office Outlook yang digunakan untuk login ke akun Microsoft,
3.      Buka link pada browser Anda, login.microsoftonline.com dan tekan enter,

4. Setelah browser melakukan pencarian, browser akan menampilkan laman Microsoft Outlook. Langsung saja, ketik e-mail dan password yang didapatkan dari Microsoft.

5.  Selanjutnya, bagi Anda yang baru saja mendaftarkan alamat e-mail, laman akan memunculkan sebuah penggantian kata sandi. Lakukan penggantian kata sandi seperti Anda mengganti kata sandi pada akun media sosial lainnya.
Untuk baris pertama adalah tempat untuk menuliskan kata sandi lama dan baris kedua dan ketiga untuk kata sandi baru. Perlu diingat, kata sandi yang kuat adalah ia yang berkombinasi karakter, huruf dan angka dengan minimal 8 digit. Setelah itu, log in.

6.  Setelah melakukan penggantian kata sandi, muncul beranda atau home milik akun Microsoft Outlook,

7.  Lakukan pengaturan Bahasa dan Waktu (jika perlu). Karena akun Microsoft ini menggunakan bahasa Inggris.
a.       Arahkan kursor pada kanan atas yang dimana jika didiamkan akan muncul kata “setting”,
b.      Pilihlah “Language and time zone”. Ubahlah bahasa ke dalam Bahasa Indonesia dan ubahlah “Current time zone” ke dalam waktu “(UTC+07:00) Bangkok, Hanoi, Jakarta).
c.       Pilihlah “Save” untuk menyimpan perubahan “Language and time zone”

8.      Setelah melakukan perubahan “Bahasa dan Waktu”, aturlah “Data Pribadi” Anda,
a.       Klik pojok kanan atas yang bergambar orang,
b.      Klik “Personal Info” atau “Informasi Umum”,
c.       Ubahlah informasi yang perlu Anda ubah.
d.      Ubahlah foto profil (jika perlu)

9.      Setelah melakukan perubahan “Informasi Diri”, jika Anda menginginkan untuk mengirim surat elektornik atau e-mail, Anda bias kembali ke beranda dan meng-klik fitur “Mail” dan akan keluar gambar seperti di bawah ini:


  10.      Apabila Anda sudah melakukan pengisian isi surta pada badan atau body e-mail dan ingin melihat apakah sudah terkirim apa belum, Anda bisa melihatnya pada “Send Items”.
Perlu diingat juga, apabila ingin mengirim e-mail terutama untuk orang-orang peting, Anda harus memperhatikan format pada “subject/subjek” karena subject bisa diatur sesuai keinginan mereka. Apabila tidak sesuai maka e-mail dianggap spam atau sampah.

11.   Jika sudah, apabila Anda ingin melakukan log out atau keluar, Anda bisa arahkan kursor Anda pada pojok kanan atas (gambar foto Anda), pilihlah keluar.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar